...sugeng rawuh/welcome/selamat datang...

masuki duniaku untuk sedikit melihat dan membaca pikiran, opini, ide, dan imajinasiku lewat kata-kata sederhana

Minggu, 29 November 2009

Belajarlah untuk bisa memelihara

Tadi pagi setelah nganter mom-in-law ke Gambir, saya naik busway ke pulogadung. Hmmpph....cukup kaget dengan kondisi didalamnya, terutama setelah membandingkannya dengan situasi saat pertama kali launching dulu. Waktu koridor I (Blok M-Kota) jalan, suasananya enak. Busnya harum, karena ada pengharum ruangan. Bersih dan mengkilap banget. Monitor kecil penunjuk halte berjalan dengan baik. Sangat menjanjikan....sangat membanggakan bahwa akhirnya kita punya mass rapid trans yang representatif.
Dua tahun setelah itu? Rasanya saya harus kembali percaya sebuah pendapat umum bahwa bangsa kita hanya bisa membeli barang bagus dan mahal, tapi tidak bisa memelihara.
Pertama, pintu masuk cuma bisa dibuka otomatis sebelah saja. Sebelahnya itu harus didorong pakai tangan mas kondektur (apa ya istilahnya, bukan kondektur kok, kan dia ga narik uang ke penumpang...). Kedua, masih tentang pintu, banyak bagian yang sudah berkarat. Buset, keringet orang indonesia ganas-ganas kali ya. Karat itu kan pasti karena bagian tertentu dalam bus itu bekas buat nyandar tangan para penumpang? Ketiga, plafon yang sudah bulukan dan berdebu. Mungkin ga pernah tersentuh sama vacuum cleaner. Belum lagi lantainya. Kotor banget. Saya malah lupa memperhatikan monitor penunjuk halte apakah masih berjalan atau tidak karena kondisi bus penuh. Rasanya ga jalan, karena tidak terdengan suara apapun dari speaker.
Sedih banget, ya.
Ini dulu salah satu proyek mercusuar-nya Bang Yos yang sebenernya sangat bagus dan sangat berguna buat kita. Saya aja seneng banget dulu naik busway. Cepet dan murah.
Sudah ada gerakan dari para penggunanya belum, ya, atau siapapun, buat sekedar mengingatkan semua pihak akan pentingnya kelangsungan fasilitas publik ini. Mengingatkan akan pentingnya makna pemeliharaan, bukan cuma sekedar bisa membeli saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar